Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Akan Memulai Sebuah Bisnis

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Akan Memulai Sebuah Bisnis

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Akan Memulai Bisnis

Assalamualaikum sahabat suhudsukses.com.... 
Saat akan memulai bisnis sendiri bagi yang baru pertama kali pastinya akan berharap bahwa bisnis yang akan dijalankannya akan segera sukses. Anda akan banyak membayangkan ketika memulai usaha tersebut akan sangat lancar dan tanpa kendala. Padahal dalam proses berbisnis harus melewati tahap trial anda error terlebih dahulu sebelum impian bisnis idaman anda terwujud. Hal ini menjadi tantangan yang berat tetapi anda harus hadapi ini untuk mendirikan bisnis idaman anda dan melewati proses-proses tersebut. Namun ketika anda melakukan kesalahan yang berulang kali itu berarti ada kesalahan didalam proses membangun bisnis anda, dan dalam tulisan ini akan kita bahas mengenai Hindari 8 kesalahan saat akan memulai bisnis. 
Tidak Menguji Ide Bisnis

Kesalahan Pertama : Tidak Menguji Ide Bisnis.

Bagi anda mungkin bisnis yang akan anda bangun sudahunik, baru dan belum ada yang mempunyai bisnis seprti anda, eits tunggu dulu pastikan dulu cari info terlebih dahulu apa benar bisnis anda yang paing baru dan jika iya apakah nanti akan mudah menemukan bahan baku bisnis unik anda. Disi anda harus riset terlebih dahulu, anda bisa bergabung dengan komunitas wirausaha dan anda bisa saling bertanya dan menimbulkan insigt baru yang akan mematangkan ide bisnis anda. Jika sudah yakin dengan bisnis yang anda jalani sudah riset dan jelas arahnya maka langsung aja di GASS !!.
Terlalu Mengandalkan Produk

Kesalahan Kedua : Terlalu Mengandalkan Produk.

Sebuah kesalahan apabila anda memulai usaha baru dan anda hanya mengandalkan produk anda, anda berfikir produk anda yang terbaik anda fikir produk anda yang paling unggul, namun anda tidak memberikan informasi keunggulan produk itu kepada customer. Mengandalkan produk memang tidak salah namun ada yang lebih penting dari hal itu yaitu membangun branding yang membuat orang mengunggulkan produk anda. Anda bisa membranding diri anda terlebih dahulu membangun trust terhadap customer-customer anda, dan anda harus pandai menekankan keunggulan produk anda dibandingkan dengan produk lainnya, bisa dengan packagingnya, warnanya atau rasa yang khas dari produk anda. Intinya kasih tahu dan tulis keunggulan produk anda.
Mengerjakan Segalanya Sendirian

Kesalahan Ketiga : Mengerjakan Segalanya Sendirian.

Ya ini saya alami ketika baru pertama kali memulai bisnis, dan pasti kalian yang sedang membaca ini pun juga ada yang seperti ini. Biasanya ketika baru pertama kali memulai bisnis setiap sudut bisnis baru kita, kita yang jalankan sendiri, ya mungkin untuk tahap trial anda error tidak masalah, namun jika bisnis yang anda jalankan sudah jelas omsetnya sudah jelas prospeknya, maka beranilah untuk meng hire teman atau karyawan, sebab jika anda terus bekerja sendiri terkadang ada beberapa aspek yang mungkin bukan kemampuan anda tapi anda paksakan, dan berakibat omset anda kurang maksimal. Jika anda menginginkan bisnis anda berkembang pesat maka rekrutlah karyawan, barang siapa memperluas bisnis ini berarti memperluas kesempatan rezeki orang lain, memperluas rezeki orang lain maka Insyaallah bisnis anda akan segera lebih besar lagi.
Tidak Memperluas Jaringan

Kesalahan Keempat : Tidak Memperluas Jaringan.

Memiliki jaringan luas akan mempermudah anda mengenalkan bisnis baru anda dan juga akan lebih mudah mendapatkan investor dan orang potensial yang bisa anda ajak untuk bekerja sama. Jaringan yang luas selain akan bertemu dengan orang-orang yang tepat, dengan membangun jaringan anda juga mendapatkan gagasan serta cara pandang baru yang bisa membantu perkembangan bisnis anda, sebaliknya tanpa memperluas jaringan bisnis akan membuat bisnis anda jadi sulit berkembang hingga bisa saja jalan ditempat.
Terlalu Banyak Menerima Masukan

Kesalahan Kelima : Terlalu Banyak Menerima Masukan.

Jika anda baru akan memulai sebuah bisnis, maka anda akan sering bertanya dan mencari masukan, namun perhatikanlah siapa yang anda ajak untuk memberikan masukan kepada anda ? Apakah dia punya jiwa bisnis seprti anda atau malah dia tidak ada minat bisnis ? Jika dia tidak minat bisnis biasanya masukannya banyak dan hanya sekedar teori saja yang dia berikan karena dia belum praktek dibisnis yang anda jalani. Sebaiknya cari atau terima kritik hanya dengan orang yang memang pernah bisnis seperti bisnis yang anda jalani atau orang yang memang memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Karena jika nada salah dan terlalu banyak menerima kritik akan mempengaruhi semangat anda yang akan berimbas takut dan tidak jadi membangun bisnis impian anda.
Bekerjasama dengan Orang Yang Salah

Kesalahan Keenam : Bekerjasama dengan Orang Yang Salah.

Anda harus selektif dalam memilih rekan bisnis saat anda ingin membangun dan mengembangkan bisnis anda, anda harus memilih partner yang benar-benar memiliki komitmen. Carilah teman atau partner yang memang bisa diandalkan dalam bidang bisnis anda dan yang paling penting juga teman atau partner anda tersebut bisa dipercaya sehingga anda dan tim anda bisa saling melengkapi dan mendukung perencanaan bisnis Anda.
Perencanaan yang Tidak Matang

Kesalahan Ketujuh : Perencanaan yang Tidak Matang.

Seorang pebisnis memang harus berani menghadapi resiko, namun bukan berarti Anda harus nekat memulai bisnis tanpa ada persiapan yang matang dengan cara membuat rencana bisnis yang terkonsep dengan baik. Adanya rencana bisnis yang baik akan membuat anda bisa tahu tujuan bisnis anda tahu apa saja yang diperlukan dan punya strategi pemasaran yang siap menghadapi persaingan dan kemungkinan gagal jadi lebih kecil.
Tidak Memiliki Mentor

Kesalahan Kedelapan : Tidak Memiliki Mentor.

Ini adalah hal yang paling penting menurut saya, sebaiknya jangan memulai bisnis dengan tanpa mentor atau orang yang bisa diajak komunikasi mengenai bisnis yang akan anda jalankan. Jika anda paksakan untuk memulai bisnis tanpa mentor biasanya anda harus melewati banyak riset dan proses trial error yang lebih banyak terlebih dahulu dibandingkan anda punya mentor bisnis yang tentunya dia memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan anda yang baru memulai. Dalam hal ini mentor yang saya maksud bisa teman anda yang sudah berpengalaman di bisnis tersebut, konsultan bisnis atau memang seorang mentor langsung dalam bisnis tersebut. Memiliki mentor yang tepat akan mempermudah anda mencapai keberhasilan bisnis anda dengan lebih cepat.

Nah itulah 8 kesalahan saat akan memulai bisnis dan harus anda hindari dan siapkan diri anda untuk menghadapi segala Resiko yang mungkin terjadi. Jangan lupa untuk selalu optimis dan pantang menyerah untuk berjuang demi keberhasilan bisnis idaman anda. Bagikan jika tulisan ini bermanfaat, Salam Sukses !

Kira kira apalagi yang harus dihindari ketika akan memulai bisnis ya ? Boleh tulis dikomentar...

Belum ada Komentar untuk "Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Akan Memulai Sebuah Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel